Saturday, February 11, 2017

Segera Kenali 5 Ciri-Ciri Kerusakan Pada Hardisk Anda dan Cara Mengatasinya

Sangat pentingnya peranan hardisk pada komputer atau laptop sehingga bisa dikatakan wajib mengetahui pertanda hardisk akan rusak. Tanpa hardisk sama sekali komputer atau laptop tidak bisa dijalankan. Semua data komputer termasuk operasi sistem Windows disimpannya didalam hardisk.
Kita tidak perlu menyewa orang untuk sekadar mengetahui ciri-ciri kerusakan hardisk pada komputer atau laptop. Mending Anda simpan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya. Sangat simple dan praktis mengetahui tanda hardisk sebentar akan rusak.

 

Berikut 5 Ciri-Ciri Hardisk yang Bermasalah


Biasanya kerusakan pada hardisk disebut dengan adanya bad sector. Kasus bad sector pada hardisk ini bisa diperbaiki ada juga jika tingkat kerusakannya sudah parah hardisk komputer harus diganti dengan yang baru. Sebelum memutuskan untuk mengganti hardisk, silakan pelajari dulu ciri-ciri hardisk bermasalah berikut yang saya kelompokkan menjadi 5 tanda saja.

 

1.Komputer atau Laptop Terasa Lambat/lemot










Gejala pertama dari rusaknya hard disk pada laptop atau komputer adalah kinerja komputer tidak seperti biasa. Artinya komputer atau laptop kamu sudah terasa lemot alias lelet. Jika hal ini terjadi, segera untuk melakukan pengecekan pada hard disk.

 

2.Sering Terjadi Kerusakan pada File





Pada kasus satu ini, file atau data yang ada didalam komputer terjadi kerusakan (corrupt). Walaupun kamu tidak melakukan apa-apa terhadap file tersebut, tapi sebuah prompt akan muncul yang menyatakan bahwa berkas tersebut telah rusak.

 

3.Suara Aneh Keluar dari Hard Disk





Jika kamu sempat mendengar suara aneh yang keluar di komputer atau laptop, itu gejala nya bisa jadi terjadi pada hard disk. Suara tersebut kira-kira berbunyi seperti ‘kretek-kretek’ secara terus menerus dan bising.

 

4.Saat Proses Booting akan Muncul Blue Screen





Pengguna Windows sudah sangat familiar dengan istilah Blue Screen of the Death. Gejala kelima ini terjadi disaat proses booting yang gagal lalu memunculkan sebuah form warna biru, itulah Blue . Walaupun kamu sudah melakukan install ulang, kasus tersebut akan tetap terulang. Jika sudah begini kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hard disk kamu.

 

5.Hasil Pengecekan Software Menunjukkan Tidak Sehat





Ciri-ciri terakhir hardisk laptop rusak adalah dilihat dari hasil pengecekan melalui software. Bagi kamu yang ingin mengecek kesehatan hard disk Dafunda Tekno menyarankan menggunakan software Acronis Drive Monitor. Bila hard disk kamu terindikasi rusak, maka software tersebut akan memberikan informasi kepada kamu.
Download Acronis Drive Monitor Terbaru
 
Download Acronis Drive Monitor bisa Kamu unduh melalui situs http://www.acronis.com/, jadi jangan ragu akan kerusakan filenya.

 

Cara Mengatasi Hard Disk yang Rusak


Nah, apabila kamu sudah mengetahui hard disk kamu rusak atau hampir mengalami kerusakan, inilah hal yang perlu kamu lakukan.

 

Langkah 1


Cabut hard disk kamu yang terindikasi rusak.
Tidak Disarankan Mencabut Sendiri,Apabalia ada kerusakan saat melepas hardisk ditanggung pengguna ,kalo bisa sih bawa Service Center saja..heheheh

 

Langkah 2


Sambungkan hard disk kamu ke komputer lain yang kondisinya normal. Untuk sambungan antara hard disk dan komputer, kamu bisa pakai konektor SATA to USB, atau sambungkan langsung dari Motherboard to SATA, atau gunakan HDD Dock.
foto-amazon-hddrusak6
Kabel USB to SATA

 

Langkah 3


Apabila kamu masih bisa mengakses data-data kamu, lakukan backup semaksimal data-data yang bisa kamu selamatkan.

 

Langkah 4


Lakukan format secara penuh dengan menggunakan software Low Level Format. Untuk software-nya kamu bisa download melalui tautan JalanTikus berikut.disini

 

Langkah 5


Setelah melakukan format, tes kembali hard disk kamu menggunakan software Acronis Drive Monitor. Apabila hasilnya hard disk kamu normal kembali, berarti yang rusak adalah software-nya.
Namun, apabila setelah melakukan format tidak membuat hasil tes dari hard disk kamu kembali normal, dapat dipastikan hardware yang mengalami kerusakan. Tidak ada satu pun cara untuk memperbaikinya selain menggantinya dengan yang baru.

Itulah Ciri-ciri dari hardisk yang akan rusak, kenali sejak dini masalah pada Pc/Laptop anda agar cepat diperbaiki dan tidak bertambah kerusakan pada Pc/Laptop anda.Bila terindeksi Masalah Segeralah bawa ke Service Center Terdekat.

Sekian Dari Saya Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua
Terimakasih....

Jangan Lupa Komentarnya YA!!!




EmoticonEmoticon